Para Penemu 12 Sosial Media Terpopuler

Para Penemu 12 Sosial Media Terpopuler


Jaman skrg kebutuhan gadget semakin meningkat broooo… terutama Smartphone, nah Smartphone ini bisa dikatakan smart jika benda ini diisi oleh beberapa aplikasi  canggih yang mendukung kinerja kita. Smartphone ini juga ga bisa dibilang smart lagi klo ga didukung oleh yang namanya  koneksi internet, istilah umumnya yakni kudu “dipaketin” , lha?? emang mau dikirim kemana coy?? kok pake dipaketin segala hahahaha. Lalu apa hubunganya Smartphone dengan Media Sosial?   di era serba modern sekarang ini berbagi informasi tidak hanya lewat media cetak saja, tetapi juga bisa melalui media elektronik seperti televisi, radio. Dan saat ini media informasi yang paling cepat dan paling banyak digunakan adalah Media Sosial. Umumnya media sosial ini kebanyakan diakses di dalam smartphone , karena beberapa aplikasi media sosial sudah bisa tersedia versi mobile nya, karna klo diakses lewat laptop atau PC malah ribet dan  ga praktis lagi (Klo tablet sih masih praktis).  Hampir semua kalangan sudah mengenal media sosial, bahkan menjadikan media sosial sebagai kebutuhan dalam menjalankan semua aktifitasnya. Tahukah kamu? Siapa saja yang menemukan media sosial populer yang sering dipakai di seluruh dunia? Mari kita simak!



1. Mark Zuckerberg
Penemu Facebook Mark Zuckerberg

Siapa yang tidak mengenal Mark Zuckerberg? Dialah yang menemukan situs jejaring sosial Facebook, saat ini Facebook menjadi situs jejaring sosial paling besar di dunia. Mark lahir pada tanggal 14 Mei 1984 di White Plains, New York. Pada awalnya zuckerberg hanyalah seorang mahasiswa biasa di Universitas Havard, berawal dari idenya untuk membuat sistem jejaring untuk kelasnya, setelah dia membuat sistem tersebut ternyata semakin banyak saja orang yang tergabung di dalamnya. Sistem ini lama-kelamaan menjaring universitas yang lain dan akhirnya berkembang seperti sekarang ini.

2. Kevin Systrom
Penemu Instagram Kevin Systrom

Kevin Systrom dibesarkan di kota kecil bernama Holisston di HMassacahusetts ,Amerika Serikat. Sebelum mengembangkan bisnisnya sendiri Kevin bekerja manajer pemasaran di perusahaan besar seperti Odeo (sekarang menjadi Twitter), Google. Walaupun bekerja pada bagian pemasaran tidak jarang dia ikut juga menyumbang ide-ide dalam bentuk pemograman. Setelah bekerja di beberapa perusahaan Kevin memilih mengembangkan usahanya sendiri, yaitu membuat situs jejaring sosial Instagram. Sebulan setelah peluncuran Instagram mampu merangkul 1 juta pengguna, dan mencapai 10 juta pengguna pada tahun 2012. Saat ini Instagram telah di gunakan oleh sekitar 100 juta pengguna.

3. Jack Dorsey
Jack Dorsey Penemu Twitter

Jack Dorsey Lahir pada tanggal 19 November 1976. Dorsey adalah seoarang pengembang web dan pengusaha di Amerika Serikat. Dorsey sempat berganti-ganti tempat sekolah pada akhirnya dia memilih Universitas New York. Di universitas inilah ide untuk mengembangkan situ jejaring sosial twitter muncul. Asal mula Twitter berawal dari acara diskusi yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan podcast bernama Odeo. Dorsey mengemukakan gagasannya mengenai penggunaan layanan pesan singkat untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Sekarang ini Twitter sudah berkembang pesat dan menjadi salah satu media sosial terbesar di dunia.

4. Reid Hoffman
Reid Hoffman Penemu Likend-in

Reid Hoffman adalah pendiri linkend-in yaitu situs jejaring sosial yang berorientasi pada bisnis, terutama untuk kalangan profesional.Sampai September 2007 situs ini memiliki lebih dari 14 juta pengguna terdaftar, meliputi 150 industri dan lebih dari 400 bidang ekonomi yang diklasifikasi menurut jasanya.

5. David Karp
David Karp Penemu Tumblr

Karp lahir pada tanggal 6 juli 1986. Ia adalah pendiri dan juga CEO platform microblog Tublr. Menurut Forbes, kekayaan bersih Karp mencapai lebih dari $200 juta dan Tumblr memiliki nilai kapitalisasi sebesar $800 juta. Pada tanggal 20 Mei 2013, Tumblr sepakat untuk diakuisisi Yahoo! dengan nilai $1,1 miliar. Karp tetap menjabat sebagai CEO perusahaan.

6. Ben Silbermann
Ben Silbermann CO Founder Pinterest

Ben Silbermann adalah pria kelahiran tahun 1982 di daerah Des Moines, Amerika Serikat. Di masa remaja Ben menamatkan pendidikanya di Research Science Institute di Yale pada tahun 2003. Setelah lulus dari perguruan tinggi, Ben bekerja sebagai konsultan di Washington D.C. Kegemaranya tentang teknologi membuatnya bisa masuk ke perusahaan Google. Cita-cita untuk menghasilkan produk teknologinya secara mandiri membuat Ben memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya di Google. Ben kemudian mulai menghubungi teman kuliahnya, Paul Sciarra untuk bekerjasama mewujudkan ide mengenai produk teknologi. Saat berupaya untuk membuat aplikasi iPhone bernama Pinterest, Ben dan Paul sempat menguras isi tabungan untuk mengembangkan aplikasi tersebut. Sekarang ini pinterest telah mempunyai banyak pengguna di seluruh dunia

7. Dave Morin
Dave Morin Pendiri Path

Jika melihat posisi Dave Morin saat ini, mungkin bakal membuat iri banyak penggiat bisnis digital dimanapun berada. Menjadi CEO perusahaan teknologi besar dengan penghasilan lebih dari lumayan, tentu menjadi posisi yang sangat diidam-idamkan. Namun tunggu dulu, posisi yang didapatkan Dave saat ini bisa jadi merupakan akumulasi dari semua kerja keras yang harus ia lalui sebelumnya. Setelah bekerja di Facebook dan Apple ia membangun bisnis startupnya sendiri dengan mengembangkan media sosial Path. Media sosial Path mempunyai keunikan sendiri yaitu dengan membatasi pertemanan dan lebih personal.

8. Ilya Terebin and Mark Terebin
Ilya Terebin and Mark Terebin

Ilya Terebin and Mark Terebin adalah 2 bersaudara yang mengembangkan situs jejaring sosial Ask.fm. Ask.fm adalah salah satu jaringan sosial terbesar di Internet. Hal ini juga terjadi menjadi salah satu yang paling sedikit dipahami. Sejak didirikan pada tahun 2010, situs tersebut telah berkembang menjadi 120 juta pengguna terdaftar di seluruh dunia, dengan 15 juta di Amerika Serikat saja.

9. Jan Koum
Jan Koum Penemu Aplikasi Chating Whatapps

Jan Koum lahir pada 24 Februari 1976. Dia adalah pendiri WhatsApp bersama Brion Acton. Jan Koum dibesarkan di pinggiran kota Kiev dan pindah bersama ibu dan neneknya ke Mountain View, California pada usia 16 tahun. Pada tahun 1997, Jan Koum dipekerjakan oleh Google sebagai teknisi infrastruktur. Ia pun bertemu Brian Acton saat bekerja di Ernst & Young.

Pada bulan Januari 2009, ia membeli iPhone dan menyadari bahwa App Store yang saat itu berusia tujuh bulan akan menggebrak industri aplikasi dunia. Ia mengunjungi temannya, Alex Fishman, dan keduanya berdiskusi selama beberapa jam seputar ide aplikasi Koum di rumah Fishman. Koum memilih nama WhatsApp karena terdengar seperti frasa “what’s up“. Pada hari ulang tahunnya tanggal 24 Februari 2009, ia mendirikan WhatsApp Inc. di California.

10. Niklas Zennström
Niklas Zennström Penemu Skype

Niklas Zennström lahir pada tanggal 16 February 1966. Niklas Zennström adalah seorang pengusaha Swedia terkenal karena mendirikan beberapa usaha high-profile online ventures dengan Janus Friis termasuk Skype dan Kazaa. Baru-baru ini ia mendirikan perusahaan investasi teknologi Atomico dan telah menjadi tokoh penting bagi pengusaha di sektor teknologi.
Mungkin media sosial yang paling sering kita gunakan dalam berkomunikasi jarak jauh adalah Skype.

11. Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim

2259997_youtube-steve-chen-chad-hurley-a-jawed-karim

Pada saat masih bekerja di Perusahaan Paypal Stave Chen, Chad Hurley dan Jawed Karim bertemu dan bersama-sama mendirikan situs berbagi video Youtube pada tahun 2005. ide dasar pendirian Youtube adalah pada saat mereka mengalami kesulitan dalam membagi file Video melalui email, gagasan dan ide tersebut yang memberi mereka inspirasi untuk membuat suatu website yang bisa membagikan video dengan mudah.
Kantor pertama Youtube terletak diatas sebuah Pizzeria dan restoran jepang di San Mateo California. Nama Domain http://www.youtube.com aktif pada tanggal 14 Februari 2005 dan dikembangkan pada bulan berikutnya. Video pertama Youtube bernama Me at the zoo. video ini di unggah pada tanggal 23 April 2005 dan masih ada sampai sekarang, dalam video ini menampilkan jawed karim di San Diago Zoo. Tidak butuh waktu lama, website ini merupakan satu-satunya website yang berkembang dalam waktu singkat. pada bulan Aplir 2006 Perusahaan ini mengumumkan lebih dari 65.000 Video di unggah setiap harinya, dan lebih dari 100 juta orang mengunjungi situs tersebut dalam 1 hari. kesuksesan dan kepopuleran youtube semakin meningkat dan sampai sekarang youtube merupakan website ke tiga yang paling banyak di kunjungi di dunia, setelah Goggle dan Facebook.

Pada Bulan November 2006 Youtube di beli oleh Google dengan nilai harga US$ 1,65 Milliar. dan resmi beroperasi dan menjadi anak perusahaan Google.Inc.

12. Lee Hae-Jin
320x486
Lee Hae-Jin adalah pendiri dari aplikasi mesengger LINE, Ia lulusan sarjana teknis di Seoul National University yang berkebangsaan Korea Selatan dan memulai karirnya di Samsung SDS, anak usaha dari Samsung Group. Lee Hae-Jin adalah pria pendiri aplikasi mesengger Line,  Lee berada di peringkat ke-34 dalam daftar 50 orang terkaya di Korea yang dibuat Forbes tahun 2013, di mana kekayaannya dilaporkan mencapai 575 juta dolar AS.

Line dimulai ketika gempa besar yang diikuti tsunami di Jepang pada 2011. Saat itu, karyawan NHN, perusahaan pemilik Line, terpaksa harus berhubungan melalui internet satu sama lain. Oleh karena peristiwa tersebut NHN terinspirasi membangun aplikasi yang mampu melayani berbagai kebutuhan konsumen dalam satu platform. Pada akhirnya Line dikembangkan oleh perusahaan Jepang yang  bernama NHN Corporation tersebut. Line pertama kali dirilis pada Juni 2011 dan mulanya hanya dapat digunakan pada sistem iOS dan Android. Setelah sukses pada kedua sistem tersebut Line masuk dalam sistem operasi besutan BlackBerry. Lalau pada tahun 2012, Line  resmi meluncurkan aplikasi yang dapat digunakan pada perangkat Mac dan Windows.

Kesuksesan Line sebagai aplikasi pengirim pesan instan terlihat dari pengguna yang mencapai 101 juta di 230 negara di dunia. Line menduduki posisi 1 dalam kategori aplikasi gratis di 42 negara, di antaranya Jepang, Taiwan, Spanyol, Rusia, Hong Kong, Thailand, Singapura, Malaysia, Macau, Swiss, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan lain-lain. LINE  membuka kantor di Indonesia secara resmi pada pertengahan 2012.

Yak itulah tadi pembahasan singkat para inisiator/penemu 12 Media Sosial yang paling populer,
Terima kasih sudah membaca postingan ini, semoga bermanfaat

Sumber:
Arya Pradita &
http://.satujam.com/yuk-kenalan-dengan-10-penemu-sosial-media-paling-populer-di-dunia/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

"Wong Jowo Kudu Tetep Njawani" ; BABAT TANAH JAWA (bag.2)

Mahluk Tuhan Jangan Melampaui BATASANYA